Pertamina Siap Ganti Distribusi Gas dari Elpiji Menjadi Pipa

PT Pertamina (Persero) mengaku siap menjalankan keinginan pemerintah mengganti distribusi bahan bakar rumah tangga dari berupa tabung elpiji dengan gas pipa.

Kesiapan Pertamina, menurut Manager Media Adiatma Sarjito karena pihaknya telah memiliki anak perusahaan yang menjalankan bisnis distribusi gas melalui pipa yaitu PT Pertagas Niaga dan memiliki ketersediaan sumber gas. Ini yang membuat rencana pemerintah tersebut bisa dilaksanakan.

“Kita siap saja, kita punya perusahaan bergerak di bidang distribusi gas yakni Pertagas Niaga,” kata Adiatma, di Tangerang, Banten, Kamis (5/3/2015).

Menurut Adiatma, saat ini Pertagas Niaga telah melakukan pembangunan infrastruktur pipa gas di beberapa wilayah dan penggunaan gas pipa sudah diterapkan. “Sudah melakukan di Prabumulih, Jambi dan Sengkang,” tuturnya.

Ia menambahkan, Pertagas Niaga juga berencana membangun infrastruktur jaringan pipa di wilayah Muara Karang Jakarta, dan Muara Tawar Bekasi. Pipa tersebut akan memasok gas untuk kebutuhan industri dan rumah tangga.

” ekarang mau dibikin Muara Karang Muara Tawar, kita bangun pipa distirbusi juga untuk industri,” ungkapnya.

Adiatma menjelaskan, bahan baku gas pipa berbeda dengan elpij, gas pipa menggunakan gas alam cari (Liquid Natural Gas/LNG) yang terdiri meta dan etan, sedangkan elpiji terdiri dari propane dan butan.

“Gas pipa meta dan etan, itu LNG. Pertamina punya lapangan gas punya punya infrastruktur gas,” paparnya.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan, penyaluran gas elpiji yang dibungkus tabung akan diubah menggunakan pipa.

Sudirman mengatakan, dalam jangka panjang akan ada perubahan pola penyelauran gas untuk bahan bakar rumah tangga. Hal tersebut akan menjadi solusi permasalahan elpiji saat ini.

“Oleh karena itu saya selalu mengingatkan kepada masyarakat. Nanti itu kedepannya elpiji tidak lagi digotong-gotong. Melainkan melalui pipa gas rumah tangga,” tutup dia.(Pew/Nrm)

Showing 2 comments

Leave a Comment

Start typing and press Enter to search

1 (1)