PT Greenfields Memberikan Reaktor Biogas ke Warga Gunung Kawi

Darmanto, Head of Milk Processing PT Greenfields Indonesia dan Kepala Badan Lingkungan Hidup Malang Tridiyah Maestuti saat meninjau rumah seorang warga di Gunung Kawi. (Masdarul Khoiri/Koran SINDO)

MALANG – PT Greenfields Indonesia (Greenfields) memberikan reaktor biogas kepada 14 kepala keluarga di Gunung Kawi, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bantuan diserahkan Kepala Badan Lingkungan Hidup Malang Tridiyah Maestuti dan diterima simbolis Muslimin, salah seorang penerima.

Proyek biogas ini diperuntukkan bagi peternak kemitraan Greenfields yang tersebar di 3 kecamatan di Gunung Kawi yakni Kec Wagir, Kec Ngajum, Kec Wonosari.

Greenfields memberikan proyek biogas kepada peternak mitranya untuk membantu pengolahan limbah dan memberikan nilai lebih bagi mitra kerjanya.

“Dengan diberikannya reaktor biogas kepada para peternak, kami berharap dapat membantu mengurangi limbah organik sekaligus memberikan apresiasi kepada mereka. Kini mitra kami yang mendapatkan proyek biogas tidak lagi bergantung pada gas tabung untuk kegiatan memasak sehari-hari, sudah bisa terpenuhi langsung dengan biogas yang diberikan,” ungkap Darmanto, Head of Milk Processing PT Greenfields Indonesia.

Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas fermentasi dari limbah organik termasuk di antaranya kotoran hewan. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida.

Proyek biogas membantu mengurai dan mengurangi volume limbah. Metana dalam biogas sendiri, setelah pembakaran menghasilkan energi yang lebih besar dan lebih bersih.

Emisi karbon dioksida yang timbul dari pembakaran ini juga lebih sedikit. “Biogas merupakan hal yang ramah lingkungan dan sangat menguntungkan bagi penerimanya. Selain gas yang dihasilkan bisa digunakan untuk memasak, ampas kering sisa prosesnya juga baik untuk dijadikan pupuk tanaman,” jelas Tridiyah Maestuti.

Peternak mitra Greenfields masing-masing memiliki 4 sampai 7 sapi, limbah kotoran dari sapi tersebut dapat menghasilkan gas untuk memenuhi kebutuhan energi rumah tangga sehari-hari.

Sementara untuk peternak yang memiliki sapi lebih banyak, gas yang dihasilkan bisa memenuhi kebutuhan hingga 3 rumah tangga.

Kemitraan Greenfields sendiri telah dimulai sejak tahun 2007, hingga kini terhimpun sebanyak 160 peternak dengan 750 ekor sapi perah.

Dalam kemitraan ini, Greenfields juga memberikan fasilitas gratis bagi mitranya untuk menunjang produksi yang baik dengan pelayanan kesehatan hewan, inseminasi buatan, dan pendampingan intensif. Kerjasama antara Greenfields dan peternak binaannya dinilai sangat baik oleh Dinas Peternakan Kab. Malang.

Tahun 2015 ini, Dinas Peternakan telah memberikan 51 ekor sapi perah kepada 3 kelompok kemitraan Greenfields.

Dinas Peternakan Kab Malang berharap dengan pemberian bibit sapi perah tersebut dan didukung dengan bimbingan dari Greenfields, nantinya kelompok peternak ini dapat berkembang menjadi Sentra Peternakan Rakyat (SPR).

PT Greenfields Indonesia adalah perusahaan pengolahan susu dengan fasilitas modern yang terhubung langsung ke area pemerahan di peternakan.

Susu yang dihasilkan didinginkan dan diproses dengan biosekuriti, menjadikan produk yang memiliki kualitas tertinggi dan memenuhi standar terberat dunia.

Greenfields memproduksi dan paket dipasteurisasi, Extended Shelf Hidup (ESL) Pasteurised, dan Ultra High Temperature (UHT) susu dalam beberapa jenis dan ukuran.

Greenfields merupakan entitas dari PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, perusahaan agribisnis termuka di Indonesia yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan ayam, pembibitan dan penggemukan sapi, budidaya perairan serta produksi vaksin hewan.

Recent Posts

Leave a Comment

Start typing and press Enter to search

PLTS-Cirata-300x200peresmian mini lpg 2